17 August 2006

Marah?

Kita semua pernah marah. Ada yang bisa menunjukkan kemarahannya ada yang tidak bisa. Marah itu manusiawi. Semua orang bisa marah. Akan tetapi ketika kemarahan itu menjadi kekecewaan dan tidak bisa memaafkan, kemarahan ini menjadi hal yang tidak baik buat orang yang marah itu sendiri.

Coba kita perhatikan alasan orang yang marah, atau kita tanya pada diri kita sendiri, mengapa kita bisa marah? Apa alasan kita marah? Kebanyakan alasan dari kemarahan adalah merasa haknya diabaikan atau tidak dihargai.

Bagaimana mengatasinya? Cara mengatasinya adalah dengan menyerahkan semua hak kita kepada Tuhan. Hak untuk dikasihi, hak untuk dihormati atau dihargai dan semua hak lainnya. Jadi sekarang kita tidak lagi memiliki hak-hak itu karena semua sudah kita berikan kepada Dia. Jadi sekarang kita tidak punya lagi alasan untuk marah dan kecewa bukan? :) (Bukankah ini yang dimaksud dengan menyerahkan seluruh kehidupan kita kepada Tuhan?)

Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum dan Ia mengajarkan jalanNya kepada orang-orang yang rendah hati (Maz 25:9)

Tetapi orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah (Mazmur 37:11)

Rendahkanlah dirimu dibawah tangan Tuhan yang kuat supaya ditinggikanNya kamu pada waktunya (1 Petrus 5:5)

No comments: