29 August 2006

We live near the sea

Kalau di post sebelumnya saya menuliskan tentang pameran budaya sesulawesi tengah yang diadakan di Donggala, kali ini saya mau kembali ke basicnya dulu…

Dimana sih tepatnya Donggala itu? Mari kita belajar peta dulu hehe..


Nah, yang warna biru itu laut. Palu letaknya di teluk dan Donggala yang di agak pojokan. Diliat dari peta aja tau kalo Donggala itu dekat banget sama laut, kan? Nah mata pencaharian utama penduduk Donggala adalah nelayan. Ikan-ikan yang mereka biasanya ya dikonsumsi sendiri, dijual ke penduduk desa lainnya/ ke pasar, dijual ke luar kota seperti Palu, dijual ke luar pulau seperti jawa dan Kalimantan atau diekspor keluar negeri seperti Taiwan atau Jepang. Ikan yang diekspor biasanya ikan tuna atau ikan sunu/kerapu. Harga pasaran sekarang buat ikan tuna sekitar 22 ribu rupiah/kilogram kalau ikan sunu/kerapu sekitar 80 ribu/kilogram.


foto ini saya ambil di tempat curah ikan yang baru dibuat. Letaknya di Labuan Bajo. Ini contoh perahu-perahu yang umumnya mereka pakai untuk mencari ikan.

Di tempat curah ikan ini lah tempat bertemunya nelayan dan "pasambung” (orang yang menjual ikan kembali, entah ke pasar, ke luar kota maupun keluar negeri)

Oke segini dulu deh untuk post kali ini. Kapan-kapan sambung lagi.. ;)

No comments: