30 August 2006

We live near the sea II

Ini pelabuhan barang yang saya foto dari belakang toko saya. Tampak kapal-kapal yang sedang membongkar muatan


Pelabuhan barang ini salah satu hal yang sangat penting buat masyarakat Donggala. Pertama, dengan adanya pelabuhan barang ini, barang-barang dari luar pulau seperti jawa bisa langsung diterima sehingga harga barang di Donggala bisa cenderung lebih murah dan Donggala bisa disebut sebagai tempat toko grosir yang didatangi penduduk dari desa lain untuk kulaan. Kedua, dengan adanya pelabuhan ini, hasil bumi penduduk Donggala seperti kopra, cocoa dan cengkeh bisa segera dikirim ke Jawa (pada umumnya) Ketiga, dengan adanya pelabuhan ini maka ada lapangan pekerjaan buat penduduk Donggala seperti menjadi buruh.



Pelabuhan ini dulunya juga pelabuhan buat kapal penumpang. Akan tetapi entah sejak tahun berapa, kapal penumpang dipindahkan ke Pantaloan yang letaknya di Palu.

Belum lama ini ketika Paliudju dipilih menjadi gubernur, terdengar kabar kalau pelabuhan ini akan segera diperluas yang berarti fungsinya juga semakin banyak. Ya semoga saja segera dilakukan agar kehidupan perekonomian di sini bisa lebih maju.

No comments: