30 November 2006

Ngecat yuukkk

Bulan puasa bagi kaum muslim baru aja berlalu. Bulan yang kayak gitu biasanya orang-orang pada rame beli macem-macem. Kalo bagi saya yang paling rame tu cat. Ya, mereka pada rame-rame beli cat buat ngecat rumah. Pertanyaan yang sering muncul dari pembeli ke saya adalah, “warna apa yang bagus? Kalo di padankan dengan warna ini bagus ndak?” trus “kusennya warna apa ya, gimana kalau daun pintu dan daun jendelanya dibedakan warnanya?”

Saya yang awalnya gak terlalu peduli dengan itu tiba-tiba aja merasa perlu untuk mengetahui bagaimana sih warna yang bagus kalau dipadankan? Karena selama ini saya hanya mengira-ngira saja. Kemudian saya membeli sebuah majalah yang cukup bagus dalam membahas warna. Majalah tersebut adalah serial RUMAH special dengan main topic “Kombinasi Warna”
Majalah ini pada awalnya membahas warna-warna dasar, warna-warna sekunder dan tersier dan kemudian lingkaran warna sebagai dasar pengetahuan untuk mengkombinasikan warna nantinya.

Setelah menjelaskan warna-warna tersebut, majalah ini kemudian membahas jenis-jenis pengkombinasian warna. Pengkombinasian yang dibahas di majalah tersebut misalnya
kombinasi warna monokromatis (penggunaan warna yang berdekatan misalnya biru, biru violet, ungu),
kombinasi warna analog (menggunakan warna yang memiliki value [tambahkan hitam atau putih] serta intensitas [cerah pucat] ),
kombinasi warna komplementer.(menggunakan warna-warna yang bersebrangan/ berlawanan dalam lingkaran warna [misalnya merah dan hijau, biru dan orange dst])
atau kombinasi kompleks (menggunakan semua warna dalam lingkaran warna)

Selain membahas masalah kombinasi tersebut, majalah ini juga membahas mengenai tips-tips dalam mengkombinasikan warna misalnya jadikan satu warna sebagai warna dominan dan biarkan yang lain berfungsi sebagai aksen atau warna pendukung. Dan masih banyak tips lainnya yang cukup bagus untuk dipertimbangkan.

Selain memberikan tips, majalah ini juga membahas mengenai karakter-karakter warna yang bisa memberikan kita informasi yang cukup berguna dalam memilih warna.
Untuk lebih jelasnya silahkan membeli majalahnya saja hehe… anyway, majalah ini hanya sebagai informasi aja kalau mau violate yang disarankan juga ndak papa, toh seni gak bisa dibatasi… ya kan?
Oya ntar lagi natal dan taon baru nih. Ngecat yok? Hehe..

No comments: