03 November 2006

No honesty no trust

Pada post sebelumnya saya menuliskan bahwa kejujuran saja tidak cukup. Kali ini saya ingin membahas sedikit mengenai kejujuran.

Even kejujuran saja tidak cukup, akan tetapi kejujuran adalah hal yang sangat krusial.

Bayangkan anda menjadi boss suatu perusahaan. Apakah anda tidak akan was-was kalau mempekerjakan seorang yang bertalenta serba bisa namun tidak jujur? Apakah anda akan mengadalkan dia mengerjakan perkerjaan-perkerjaan tertentu selama anda tidak ada di tempat? Saya rasa tidak. Mungkin anda akan mempekerjakan dia namun dalam pengawasan yang ketat atau bahkan kalau anda tidak mau membuang-buang energi untuk selalu menjagai dia, anda memilih untuk tidak mempekerjakan dia.

Atau anda adalah costumer suatu toko. Suatu hari anda menemukan kalau toko ini selalu memberikan kurang dari yang anda beli, even pelayanannya seramah apapun, rasanya anda tidak akan terus menerus membeli di toko tersebut.

Kejujuran adalah hal yang mendasar dari trust. Tanpa kejujuran, tidak akan ada trust.entah sebagaimana hebatnya kita dalam bekerja.

By the way… saya sedang membayangkan betapa indahnya negeri kita kalau kita semua terdiri dari orang-orang jujur, pekerja keras dan bertanggung jawab. :P

No comments: