29 May 2007

Buku: Personality Plus for Couples


Lagi baca buku menarik nih, bukunya berjudul Personality Plus for Couples karangan Florence Littauer. Bukunya bagus, lanjutan dari buku Personality Plus yang sangat terkenal. Yang personality plus belum pernah saya baca sih, tapi hal itu ndak membuat saya terhalangi menikmati buku Personality Plus for Couples ini. Buku ini memang belum selesai saya baca, tapi saking menariknya buku ini saya jadi pengen share sedikit tentang yang saya temukan dari buku ini.

Buku ini menarik karena banyak sekali memberikan ilustasi tentang pasangan-pasangan yang mempunyai karakter yang berbeda-beda dan konflik-konflik yang dapat terjadi karena perbedaan karakter itu. Malah buku ini diawali dengan cerita “lucu” tentang konflik dia sendiri dengan suaminya. Dengan banyaknya ilustasi yang diberikan, pembaca dapat seolah-olah melihat diri mereka sendiri dalam ilustrasi itu dan bisa mengerti mengapa konflik bisa terjadi, yaitu karena adanya perbedaan karakter yang alami yang dimiliki oleh setiap manusia. Disini Littauer menggunakan teori Galen (fisiolog Romawi) dalam menklasifikasikan karakter manusia tergantung pada banyaknya cairan tubuh tertentu yang terdapat dalam tubuh manusia. Macam karakter itu adalah Sanguinis (kepribadian popular), Koleris (kepribadian kuat), Melankolis (kepribadian sempurna) dan Phlegmatis (kepribadian damai) yang juga dibahas secara detail dibuku ini. (bahkan kuisioner untuk mengetahui kita termasuk dalam karakter yang mana loh!)

Buku ini membahas banyak segi yang bisa menjadi konflik antara karakter-karakter tersebut (misalnya tentang keuangan, kegiatan sosial, kerja bahkan kebiasaan makan) dan bagaimana cara mengatasinya. Sejauh yang saya baca (since saya belum selesai baca juga nih), Littauer tidak menyarankan kita untuk mengubah pasangan kita, tapi malah menghargai karakter mereka yang Tuhan ciptakan sedemikian rupa untuk melengkapi kita. well, menurut saya sih, buku ini juga layak baca, buat semua orang, yang sudah menikah, sedang membangun hubungan, maupun yang masih single sekalipun.

No comments: