10 June 2007

50 Cara untuk Menyayangi Anak Anda

1. Peluk mereka setiap pagi
2. Pergi ke kebun binatang dan taman ria
3. Gantungkan hasil karya dan penghargaan mereka di pintu lemari es
4. Ciptakan tradisi keluarga
5. Bersabar
6. Minta maaf kalau marah
7. Berkemah bersama-sama
8. Main tic tac toe dan petak umpet
9. Selalu membawa band aids dan betadine
10. Kenali kekuatan mereka
11. Beri pujian
12. Beri dukungan
13. Hargai mereka
14. Makan bersama
15. Tenang dan jangan terburu-buru
16. Hormati privasi mereka
17. Dengarkan
18. Jangan mendisiplin sambil marah
19. Konsisten
20. Katakan sayang sesering mungkin
21. Biarkan mereka tampak konyol sesuai usia
22. Terima ketidaksempurnaan mereka
23. Hargai prilaku mereka yang baik
24. Beritahukan peraturan dengan jelas
25. Tertawalah sesering mungkin
26. Pergi ke restoran favorite mereka
27. Undang teman-teman mereka ke rumah
28. Belikan es krim
29. Pergi berlibur
30. Ketahui kapan harus bersikap lembut dan kapan harus tegas
31. Jadikan hari ulang tahun sebagai saat-saat yang tak terlupakan
32. Ajarkan tanggung jawab dan hormat
33. Pilih main-main peperangan anda bersama mereka
34. Jangan permalukan mereka
35. Bantu tugas-tugas sekolahnya
36. Lindungi mereka
37. Bangun kenangan
38. Tepati janji
39. Katakan “tidak” jika diperlukan
40. Jangan berteriak
41. Berikan hadiah-hadiah
42. Berikan keteladan kebajikan
43. Berdoa bersama mereka
44. Doakan mereka
45. Berbicara dengan guru mereka
46. Katakan kepada mereka bahwa anda bangga memiliki mereka
47. Ulurkan tangan untuk mereka
48. Hitung bintang bersama-sama
49. Ngobrol setiap malam
50. Lepaskan kepergian mereka dengan ucapan berkat

Dr. Steve Stephens
Dari “Stories for the Family Heart”

Tips ini emang buat orangtua sih, tapi ndak ada salahnya buat yang single tau. Waktu saya baca tips ini, saya setuju sekali. Jadi teringat masa kecil saya, ketika papa mama saya melakukan hal-hal diatas, saya merasa dikasihi dan hal itu menjadi hal yang terus saya ingat sampai sekarang. Oya, jadi ingat kalimatnya Charles Swindoll, “setiap hari kita menyimpan kenangan di dalam ingatan anak-anak kita” dan saya tau itu benar. Thanks ya pa, ma. You are the best! Dan kalau ntar saya punya anak nanti saya mau jadi orang tua yang baik ah :P

No comments: