04 July 2007

Good To Be Happy

The good life, as I conceive it, is a happy life. I do not mean that if you are good you will be happy - I mean that if you are happy you will be good.
Bertrand Russell

Saya setuju sekali dengan kutipan diatas. Saat seseorang berada dalam keadaan baik, menjadi senang itu mudah sekali, seperti hanya efek samping dari keadaan yang baik. Namun kutipan diatas mengatakan hal yang sebaliknya, saat hati kita senang, keadaan kita akan menjadi baik.

Lho? Mana yang benar dong? Keduanya sama-sama benar. Mendapatkan hal yang baik membuat kita senang. Sedangkan saat kita senang, setiap hal dapat kita lalui dengan baik sehingga kita bisa mendapatkan keadaan yang baik juga.

Namun keduanya juga punya perbedaan yang spesifik. Memiliki keadaan baik merupakan suatu kondisi yang bergantung dari banyak hal misalnya keberhasilan kita dalam studi atau pekerjaan, menerima suatu pemberian atau memenangkan undian, dsb. Sedangkan memiliki hati yang senang hanya ditentukan oleh sikap dan keputusan kita untuk menjadi senang. Dari sini kita tahu, mengusahakan keadaan baik jauh lebih susah daripada memutuskan untuk menjadi senang.

Jadi untuk mendapatkan keduanya, yaitu keadaan yang baik dan hati yang senang, kita bisa memilih untuk mengusahakan salah satunya, apakah itu keadaan yang baik ataupun hati yang senang. Dan karena memutuskan untuk menjadi senang itu lebih mudah, mari kita memutuskan untuk menjadi senang, dan kemudian melalui setiap hal setiap hari dalam kehidupan kita dengan baik, maka kita pasti mendapatkan keadaan yang baik dan menyenangkan dalam kehidupan kita. :)

No comments: