04 November 2007

Aku Mau Sesuatu Yang Lebih Baik Lagi

Seringkali kita merasa takut untuk melakukan sesuatu yang baru, atau sesuatu yang sebelumnya tidak pernah kita lakukan. Hal ini wajar sekali karena setiap manusia pada dasarnya berusaha mencari "daerah aman" masing-masing. Saat kita sudah merasa aman dengan keadaan kita, kita cenderung tidak mau keluar dari keadaan aman kita, dimana kita tidak berpengalaman disana, kita tidak tahu apa yang bakal terjadi, kita takut menghadapinya. Kita takut untuk menghadapi suatu ketidak-pastian diluar daerah aman kita.

Namun buat setiap orang, untuk mendapatkan hasil yang berbeda dengan yang sudah pernah didapatkan sebelumnya, orang tersebut perlu melakukan sesuatu perubahan yang berbeda dari apa yang pernah dia lakukan sebelumnya. Tidak mungkin kita bisa mendapatkan ikan besar apabila kita tidak pernah pergi mencari ikan jauh dari garis pantai. Tidak mungkin kita bisa mendapatkan roti yang berbeda apabila kita selalu mempergunakan resep dan cara yang sama untuk membuat roti.

Untuk meraih sesuatu yang lebih baik dari apa yang ada pada kita sekarang, kita harus keluar dari daerah aman kita. Keluar dari cara-cara lama dan mencoba cara-cara baru. Mungkin cara yang baru belum tentu selalu lebih bagus dari cara yang lama, namun cara yang baru juga memiliki peluang untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Jadi jika kita ingin lebih baik, ayo kita berubah dari cara-cara kita yang lama! Kita buat menjadi lebih baik, maka kita punya kesempatan untuk mendapatkan yang lebih baik dari apa yang ada pada kita sekarang! Dan jangan lupa, tetap semangat serta tidak pernah menyerah!! :)

4 comments:

Anonymous said...

iya, memang sih kita harus mencoba sesuatu yang baru dalam hidup kita, akan tetapi, bagaimana dengan pendapat bahwa kita harus melakukan segala sesuatu berulang-ulang dengan cara yang sama agar bisa expert dalam bidang tertentu?

Andi Yuliarto said...

Benar, pendapat itu benar sekali. Melakukan sesuatu dengan cara yang sama secara berulang-ulang bisa membuat kita ahli atau expert dalam melakukan cara tersebut. Hasil maksimal yang bisa kita dapatkan ya hanya sebatas potensi dari cara itu. Melakukan perubahan itu berarti kita keluar dari keterbatasan yang lama, artinya kita bisa melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda. Mungkin cara yang baru punya potensi yang lebih besar dari cara yang lama, meskipun demikian untuk ahli dalam melakukan cara yang baru, kita perlu juga melakukannya secara berulang-ulang.

Anonymous said...

Idenya keren loh. Tapi gimana bedain satu cara lebih baik dari yang lain?

Andi Yuliarto said...

Membedakan satu cara lebih baik dari yang lain itu tidak mudah. Kita bisa tau dari banyak membaca, mencoba sendiri, atau juga konsultasi dengan konsultan-konsultan atau para ahli dibidangnya. Banyak pengetahuan bisa membuat kita lebih tau cara mana yang baik dan mana yang efektif. Selamat mencoba, ya :)