02 February 2009

it is all about money

sudah 6 bulan ini aku memasuki fase baru dalam hidupku. fase kali ini benar-benar adalah kehidupan yang sangat baru bagi aku. kalau beberapa kali aku menuliskan tentang adaptasi dengan keluarga, bahasa dan kerjaan. kali ini aku pingin share tentang adaptasi baru dalam keuangan.

kalau dulu, apa saja yang aku mau lakukan dengan uangku ya aku lakukan saja.
tapi sekarang, i have to discuss anything dengan suamiku secara sekarang keuangan udah punya berdua, bukan kayak dulu lagi. kadang ya bisa "berantem-brantem" dulu emang, karena prioritasnya beda. bentar bagi aku yang penting ini dan itulah, bentar bagi dia yang harus dibeli yang kayak gini dan gitu dulu. phew, belajar juga deh untuk rendah hati dan mau mendengarkan orang lain. hehehe. however, dalam menghadapi perbedaan prioritas, kami melewatinya dengan cukup baik secara menurut kita berdua, prinsip kita sama dalam keuangan, yaitu berikan kepada Tuhan haknya Tuhan, berikan kepada Pemerintah haknya pemerintah dan jangan belanja lebih dari yang kita punya.

dengan prinsip tersebut diatas, yang kita sudah kita lalui sekarang adalah, setia tiap bulan kasih perpuluhan, sudah bikin NPWP buat usaha kita dan juga menabung donk. :)

iya, berbagi keuangan adalah hal yang baru bagi aku. tapi menurut aku sangat bermanfaat. kita berdua jadi bisa belajar satu dengan lain tetang prioritas keuangan kita, kita bisa belajar untuk either tidak terlalu boros atau tidak terlalu pelit :D dan yang jelas, dengan menikah, kita bisa saling mengisi satu dengan yang lain, belajar jadi lebih wise dan kini kita punya cita-cita yang sama, jadi bisa saling mendorong dan jadi lebih bersemangat.


No comments: