11 May 2007

keranjingan papercraft

Akhir-akhir ini saya suka buat papercraft. Baru 5 buah yang jadi sih, tapi rasanya saya agak ketagihan buat papercraft :P
Mengapa saya suka buat papercraft, itu karena saya suka hasilnya. Hasilnya bagus-bagus.
Papercraft yang sudah saya buat 1. Mini Rose, 2 Arc the Triomphe 3. cathedrale notre dame de Paris, 4. Sydney Opera House dan yang terakhir jadi Great Wall of China. Sekarang saya lagi buat Windmill of Holland. (papercraft2 ini dapat di download di http://cp.c-ij.com/english/3D-papercraft dan di http://www.epson.com.sg/ideas/papercraft/index.htm )


Waktu membuat papercraft2 ini, saya tidak langung punya bayangan nantinya potongan ini akan diapakan atau harus disambung dimana. :P yang saya lakukan hanyalah menikmati memotong setiap bagian. Setelah selesai memotongnya, barulah kemudian saya mulai melihat petunjuk yang sudah diberikan dan mulai melipat dan merekatkan. Saya suka menggunting, saya menikmati waktu menggunting. Akan tetapi, bagian yang paling saya suka adalah bagian melipat dan merekatkan. Mengapa? Karena pada bagian itu saya perlahan-lahan mulai melihat hasilnya yang bagus. Pada bagian inilah saya mengagumi yang design papercraft ini. kok bisa ya, dia merancang ini sampe sebagus ini? mana setiap bagiannya pas sekali ketika direkatkan. Ini pasti diukur dengan sangat teliti. Bagian demi bagian saya buat dan saya jadikan satu hingga selesai sesuai dengan petunjuk yang sudah diberikan, dan selesai, hasilnya bisa saya nikmati dengan rasa puas. Kunci untuk menyelesaikannya dengan baik hanya satu, yaitu ikuti petunjuknya. Kalau dikatakan gunting, ya gunting, kalau dikatakan lipat, ya lipat. Hasilnya pasti akan bagus. Pernah, ketika saya sedang membuat Great Wall of China, saya melihat ada satu bagian, yaitu bagian dasarnya yang harus dilubangi. Awalnya saya pikir, ndak perlulah melubangi bagian bawahnya, toh gak ada yang liat dan gak berpengaruh terhadap bangunannya. Dan saya tidak melubanginya. Akan tetapi pada bagian akhir, ketika saya harus merekatkan bangunan dan bagian dasar, saya mengalami kesulitan karena ternyata tangan harus masuk dari bagian bawah untuk membantu proses perekatan agar rapi. Jadinya, ketika tengah merekatkan, saya melubangi bagian bawahnya. 

Waktu buat papercraft ini, saya jadi ingat hubungan saya dengan Tuhan. Kadang ya seperti itu, bagian saya adalah mengikuti setiap yang dikatakanNya karena Dialah Designer Agung dari hidup saya. Dia tahu apa yang harus saya lakukan dalam hidup saya, bahkan yang paling detail sekalipun. Kalau saya terus mengikuti apa yang dikatakanNya, saya percaya, saya akan melihat hasil yang bagus pada akhirnya. 



No comments: