20 July 2007

Penyesalan Tak Pernah Datang Belakangan

Sering orang bilang bahwa penyesalan selalu datang belakangan saat segala sesuatu telah terjadi dan tak dapat diperbaiki lagi, kemudian hanya menjadi penyesalan yang tak berarti. Namun tidak menurut saya, jika seseorang telah melakukan segala sesuatunya dengan upaya terbaiknya, maka ia tak akan pernah menyesal walaupun mendapatkan hasil terburuk sekalipun, orang yang seperti inilah orang yang “kuat”, definisi kuat bukan berarti orang yang selalu berolahraga, orang yang berotot, dapat mengangkat beban, dan lainnya. Orang yang kuat ialah orang yang memiliki tekad terhadap visinya, semangat terhadap tujuannya, kemauan terhadap segala upayanya, dan bersyukur akan hasilnya, dan pantang menyerah, ia akan selalu tahu bahwa yang ia lakukan ialah yang terbaik bahkan saat mengetahui bahwa segala sesuatu berlangsung buruk, dia tahu bahwa dia telah melakukan dengan baik, satu-satunya penyesalan yang bisa ia rasakan ialah pada saat dia tidak melakukan sesuatu, pada saat ia tidak mencoba. Karena itulah saya katakan bahwa penyesalan tak pernah datang belakangan, penyesalan dapat kita rasakan sesaat setelah kita tahu bahwa sebenarnya kita bisa melakukan sesuatu tetapi kita tidak melakukannya, karena kita takut mencobanya, penyesalan datang di depan sebelum segala sesuatu terjadi, dan kita hanya dapat memandang kesempatan yang hilang begitu saja. Hanya orang lemah saja yang merasakan penyesalan belakangan, saat melakukan sesuatu tanpa tekad tehadap visinya, tanpa semangat terhadap tujuannya, tanpa kemauan terhadap segala upayanya dan hanya melakukan coba-coba saja terhadap apa yang harus dia lakukan yang seharusnya dia lakukan dengan sungguh-sungguh dan “kuat”.
Orang yang “kuat” tak pernah merasakan penyesalan belakangan.

2 comments:

Andi Yuliarto said...

Iya. Berusaha melakukan yang terbaik merupakan salah satu ciri orang yang "kuat". Menurut saya salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk dapat melakukan yang terbaik adalah dengan cara mempersiapkan segala sesuatunya, dan menghadapi setiap kemungkinan tantangan yang muncul dengan berani dan pantang menyerah, serta tentunya dengan menggunakan semua kemampuan ada pada kita dengan baik. Benar kan?

Robin Ang said...

thanks ya udah berikan komentnya,
penyesalan emang hanya datang pada saat kita tidak melakukan apapun, karena itu kita harus ingat untuk selalu melakukan apa yang sudah kita yakini dan tentu saja dilakukan dengan usaha yang terbaik, dijamin tak akan menyesal, jangan hanya diam saja.