21 September 2007

Sudah 2 Tahun loh :)

Tidak terasa, tanggal 18 september kemarin udah genap 2 tahun sejak aku menulis blogku yang pertama yang berjudul the “Secret of Being Happy

Awalnya aku sama sekali ndak tau apa itu blog dan buat apa blog itu sebenarnya. Blog pertama yang aku liat adalah blognya sahabat saya, Giovanni Natasha yang ada di friendster. Di blognya itu dia menulis semacam kehidupan sehari-harinya, opini bahkan juga kadang ada lirik lagu yang menggambarkan perasaannya pada saat itu. Saya pikir wah, blog ini bagus juga ya, bisa share tentang kehidupan kita pada sahabat-sahabat kita, terutama pada saat itu tentu saja yang di friendster karena di friendster, tiap kali ada post baru diblog, pasti di announce ke semua friend yang ada, bahkan di masukin ke email teman-teman tersebut. Hal ini cukup menarik bagi saya karena pada tahun 2005 itu adalah tahun pertama saya pindah dari Surabaya ke Donggala yang berarti saya baru saja kehilangan kontak dengan banyak teman saya yang ada di Surabaya. Saya ingin menulis blog, saya ingin berbagi apa saja yang bisa saya bagikan, dan pada tanggal 18 september 2005 dengan menggunakan computer koko saya yang di Palu (karena tahun 2005 saya masih belum memiliki PC sendiri), saya menuliskan The Secret of Being Happy, sebagai post pertama saya di friendster dengan theme "On the Journey"

Setelah mempost the secret of being happy, saya seperti ketagihan post blog. Saya selalu berpikir lagi, apa ya yang kira-kira bisa saya tuliskan diblog lagi? hehe. Karena tahun 2005 saya masih belum punya PC sendiri, saya hanya mempost beberapa saja dipenghujung tahun itu.
Tahun 2006 awal, saya memiliki seperangkat PC baru di kamar saya, yang berarti saya sekarang bebas menulis setiap kali saya pulang kerja. Awal-awal tahun itu saya memang mulai menulis agak banyak dibandingkan tahun 2005 akan tetapi blog ini lebih banyak hanya berupa kutipan firman ataupun sepenggal kata, dan blog saya mulai mendapatkan komentar-komentar dari teman-teman saya, yang cukup membuat saya semakin bersemangat untuk berbagi lebih banyak lagi.

Kemudian, salah satu post saya yang berjudul "Tips", mendapat komentar dari teman saya katanya ‘wah, sekarang dah mulai menulis dengan kalimat-kalimat pembuka, nih.’ Komentar itu akhirnya membuat saya jadi ingin benar-benar menulis dalam paragraph, bukan hanya beberapa kalimat yang melintas di kepala. Saya ingin belajar menyampaikan sesuatu dengan kata-kata yang dapat dimengerti oleh orang lain dalam tulisan, dan ternyata pada awalnya itu ndak terlalu mudah. kemudian saya menulis "Mengganggu Saya" I, II dan III, dalam artikel ini saya berbagi bagaimana saya ingin belajar mengembangkan diri saya, saat itu juga saya sadar, ketika saya belajar menulis dan berbagi di blog, saya juga sedang dalam proses mengembangkan diri saya.

Sejak itu, saya terus menulis blog. Menulis blog menjadi salah satu kesukaan saya pada saat itu. Saya merasa bisa berbagi dengan orang yang jauh sekalipun.

Pada bulan November 2006 saya mulai tertarik membuat blog diluar friendster, maka jadilah blog dengan alamat http://fannyang.blogspot.com karena hanya iseng aja, saya memberinya theme, Cerita-cerita aja..:) kemudian saya melihat bahwa menulis diblogger ini lebih menarik karena dapat dibaca oleh orang-orang diluar selain teman-teman difriendster karena dibaca oleh google. Bulan Mei 2007 saya menghentikan penulisan di "On the Journey" yang di friendster dan mulai konsen di blogger. Di blogger ini kemudian saya juga mengganti themenya menjadi From Simple Things, karena apa yang saya bagikan adalah semua hal yang simple-simple saja, dan dari hal-hal yang simple itu saya dapat belajar banyak hal. Di blog ini, sahabat saya, Andi juga banyak sekali memberikan kontribusinya. Dia memasangkan sitemeter, feedburner bahkan google analytics untuk melihat perkembangan visitor blog ini. Hal ini membuat saya bersemangat untuk terus menulis dan berbagi diblog ini. Dukungan yang dia berikan kemudian bukan hanya sampai disitu, dia kemudian juga menjadi salah satu penulis di blog ini (makasih ya Ndi :)

Bulan July 2007, adik saya yang paling saya sayangi, Robin, juga turut ikut memberikan dukungan dengan menjadi kontributor dan mempost salah satu post favorite saya di From Simple Things, Penyesalan Tak Pernah Datang Belakangan. Makasih juga ya, De!

Sudah dua tahun saya menulis blog, dan saya semakin suka menulis blog. Ada dua alasan mengapa yaitu pertama-tama, saya memang suka menulis, dulu ketika saya belum menulis blog, saya sudah memiliki diary, akan tetapi sekarang saya meninggalkan menulis diary karena bagi saya menulis blog jauh lebih berguna daripada menulis diary, blog menjadi journal yang bisa dibaca oleh siapa saja sehingga ada pertanggangjawaban tersendiri bagi saya. Saya terdorong untuk selalu menulis yang positif yang bisa memberkati orang yang membacanya. Kedua, saya menjadikan blog untuk menjadi salah satu sarana mengembangkan diri. Dengan menulis blog, saya jadi banyak berpikir apa yang akan saya bagikan diblog nanti. saya juga menjadi lebih sensitive terhadap masalah disekeliling saya.
Tertarik untuk memiliki blog juga? ;)

2 comments:

Andi Yuliarto said...

Wow!!! Sudah dua tahun ya. Luar biasa. Selamat yah!!!

Aku juga mau cerita pengalamanku selama membaca blogmu ini. Sudah banyak kali aku diberkati saat aku membaca tulisanmu di blog ini. Aku senang sekali loh baca blogmu ini. Makasih ya sudah jadi berkat buat aku juga =)

Oh ya, aku mulai membaca blogmu ini mulai bulan Februari 2006. Sejak aku mulai membaca tulisan-tulisanmu sampai sekarang, aku sendiri juga merasa bahwa ada peningkatan pada tulisan-tulisanmu. Yah makin lama, makin kamu menulis, makin baik hasilnya. Yah, anyway, selamat yah, dan tetap menulis =)

Fanny Ang said...

hehe, makasih ya Ndi, makasih atas dukungannya... :)